RPP Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP __________________
Kelas / Semester :
X / 1
Mata Pelajaran :
Biologi
Alokasi waktu :
1 X 15
menit
A.
Standar Kompetensi
6.
Memahami keanekaragaman
makhluk hidup
B.
Kompetensi Dasar
6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
C.
Indikator
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
a.
Membandingkan ciri-ciri
makhuk hidup (biotik) dan benda tak hidup (abiotik)
b.
Membandingkan ciri-ciri
antara hewan dan tumbuhan
2. Psikomotorik
Mengidentifikasik
ciri-ciri antara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar
3.
Afektif
a. Perilaku Berkarakter : Religious,
disiplin, bertanggungjawab dan rasa ingin tahu
b. PerilakuSosial : Kerjasama, peduli social, bertanya dan santun
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
Setelah
melakukan diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi ciri-ciri antara hewan dan tumbuhan yang ada
di lingkungan sekitar
2.
Psikomotorik
Siswa dapat membandingkan
perbedaan antara hewan dan tumbuhan berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
3.
Afektif
1.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan karakter kritis, teliti, dan rasa ingin tahu.
2.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan kerampilan sosial, kerja sama, bertanya, kepedulian sosial, dan
santun dalam berbahasa.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Ciri-ciri makhluk hidup
2.
Perbedaan antara hewan
dan tumbuhan
F.
Strategi Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran :
Group Investigation
2. Metode Pembelajaran : diskusi
3. Pendekatan Pembelajaran :
Inkuiri
G.
Media dan Sumber
Belajar
1.
Alat:
Whiteboard, alat tulis
Bahan:
Salah satu kompetensi
dasar dari materi pelajaran SMP
2. Sumber:
Buku ajar,
internet, LKS dan
lain-lain.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kegiatan
awal (3
menit)
|
||||
Fase
1. Membuka Kelas
Orientasi
1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious)
2. Mengecek presensi/kehadiran siswa (Disiplin)
3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan
belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Diawal pertemuan, guru bertanya kepada
siswa, dapatkah
kalian membedakan mana yang termasuk benda hidup dan mana yang termasuk benda
tak hidup? Perhatikan ciri manusia misalnya, perhatikan pula ciri kendaraan bermotor,
misalnya mobil. Apakah keduanya dapat bergerak?. Apakah keduanya memerlukan
makanan atau bahan bakar?. Apakah keduanya mengeluarkan zat sisa?. Akan
tetapi, apakah keduanya termasuk benda hidup? Jika tidak, ciri apakah yang
membedakannya?
Motivasi
Memberikan motivasi pada siswa, bahwa
dengan mengetahui ciri-ciri
makhluk hidup, kita dapat membandingkan antara benda hidup dan benda tak
hidup, selain itu kita juga dapat membandingkan ciri-ciri antara hewan dan
tumbuhan.
|
||||
Kegiatan
inti (7
menit)
|
||||
Fase
2.
Penyajian Materi
Eksplorasi
1.
Guru membagi
siswa menjadi 4 kelompok heterogen, tiap kelompok beranggotakan 3-4 orang
2.
Guru memberikan lembar kerja pada tiap kelompok dan setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja tersebut mengenai
ciri-ciri makhluk hidup dan perbedaan antara hewan dan tumbuhan (rasa ingin tahu, kerjasama)
3.
Guru
memberikan bimbingan secara bergantian kepada masing-masing kelompok ketika
berdiskusi (disiplin)
Elaborasi
4.
Setelah berdiskusi, salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai ciri-ciri makhluk hidup
dan perbedaan antara hewan dan tumbuhan di depan kelas(tanggung jawab)
Konfirmasi
5. Guru mengkonfirmasikan hasil diskusi dan presentasi siswa
agar tidak terjadi
miskonsepsi.
|
||||
Kegiatan
penutup (5
menit)
Fase
3. Riview dan Evaluasi
Kesimpulan
Guru bersama-sama dengan siswa
mereview kembali materi yang telah didiskusikan.
Evaluasi
Melakukan evaluasi terhadap pemahaman
materi yang telah dipelajari melalui tanya jawab
Fase
5: Penghargaan
Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan
point
Fase
6 : penugasan
Siswa diberi tugas untuk mempelajari materi yang akan disampaikan minggu
depan
|
Mengetahui
Brebes, .......................... 2014
Kepala
sekolah Guru Mapel
_______________ Desy Ahtya P.
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment