Blog beriklan adsense

Selamat pagi teman-teman.
Kali ini saya mau share sedikit nih mengenai apa bisa blog kita memunculkan iklan?
Awalnya saya sangsi, karena untuk memunculkan iklan dalam blog sendiri itu juga perlu waktu yang cukup lama untuk saya sendiri.
Sebelumnya saya hanya ikut-ikutan saja. Saya termasuk newbie untuk masalah tulis menulis dalam sebuah blog. Sudah lama blog ini jarang saya buka, karena sibuk di dunia nyata. Hihihi sibuk dengan kerjaan yang gak selese selese dan gak berujung maksudnya.

Awal saya membuat blog karena dulu trial and eror. Jadi ketika kuliah dulu kita aktif kan tuh buka internet karena sering nyari bahan tugas. Lah dalah penggunaan email gmail itu penting juga. Saya iseng aja coba-coba buka blogspot.com adalah situs penyedia pengguna blog yang free tanpa biaya. Isinya pun tugas-tugas kuliah dan beberapa tulisan yang saya tuangkan di sela-sela kesibukan saya nonton drakor. Memang awalnya seperti itu, cuma mau ngeshare info ataupun berita maupun apa yang saya ketahui.
Saya membuat blog ini sekitar dari tahun 2012, tetapi saya mulai mengisi blog ini di tahun 2014 dan 2015. Kenapa begitu karena saya gak begitu tahu fungsinya. Awalnya saya pikir hanya sekedar media mencurahkan ide dan pikiran kita ke dalam sebuah tulisan. Yah betul sekali salah satu fungsinya adalah yang sudah saya sebutkan. Seiring berjalannya waktu saya mulai aktif lagi dalam blog ini apalagi banyak cerita-cerita kalau kita bisa dapetin uang dari blog. Wah kan hebat tuh. Tahun 2014 dan 2015 saya mulai buat artikel meski gak begitu jelas tapi ya lumayan lah paling gak bisa sedikit mikir meski kadang refensi yang saya peroleh juga dari blog maupun buku. Apakah itu boleh? Tentu saja boleh karena tidak mungkin sebuah tulisan pure dari buah pemikiran kita sendiri. Tapi ada syaratnya kita membuat skripsi saja harus ada referensi pendukung kenapa membuat blog tidak boleh. Tentu boleh teman-teman, tetapi seberapa banyak informasi yang kita peroleh dan seberapa banyak kita menyalin tulisan tersebut. Kita boleh-boleh saja mencari informasi dari berbagai referensi tapi yang menjadi masalah ketika kita menyalin sebuah tulisan sama persis dengan tulisan orang lain. Tentu saja itu mencuri hasil pemikiran orang lain. Sebuah dasar pemikiran bisa kita kembangkan dengan sendirinya menggunakan bahasa yang mudah kita mengerti karena tidak akan ada perspektif yang sama persis dalam sebuah tulisan.
Kita kembali ke topik kita di awal bahwa apakah di blog yang kita buat kita bisaemnculkan iklan dari google adsense.
Jeng jeng dan jawabannya tentu bisa.
Apa yang harus dilakukan.

  1. Blog kita harus ada tulisan berbentuk artikel, ya diusahakan tulisan yang topiknya menarik dan banyak dicari. Nah saya belum termasuk kriteria itu. Hehe karena wawasan saya masih dangkal. 
  2. Umur blog itu relatif tidak harus lama tidak harus sebentar. Kenapa begitu karena berdasarkan pengalaman banyak teman-teman yang sudah menggeluti dunia blog boleh dikatakan expert lah yah dengan usia blog yang cukup sebentar ketika mengajukan permohonan buat memunculkan ikland dalam blog dengan mudah dapat persetujuan dari Google Adsense. Tetapi saya sendiri entah kapan saya mengajukan kalau gak salah tahun 2014 akhir saya main blog itu tidak langsung dapat persetujuan. Saya mengajukan 3kali kalau tidak salah dan hasilnya mwngecewakan. Karena blog saya belum layak memunculkan iklan dari GA. Dan kemarin tepatnya tanggal 21 ada keterangan iklan saya ditangguhkan karena ada aktivitas tidak valid. Entah apa saya gak begitu jelas, saya ubah settingannya ketika memilih http saya pilih yes karena sebelumnya no. Kemudian komentar-komentar yang memang dari teman saya saya delete. Entah kenapa kemudian saya mengikuti petunjuk memilih menu penghasilan atau earning kemudian di tulisan adsense saya masuk ke akun dan keterangannya berubah bahwa sedang menunggu persetujuan dari GA. Belum lama saya memunculkan iklan saya. Tetapi dengan munculnya iklan GA dalam blog saya sudah membahagiakan rasanya.
  3. Selain isi blog kita juga perlu mengubah tampilan template kita. Maksudnya kita perlu mengubah tampilan blog untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan kita di mesin pencarian. Kenapa begitu, iya mungkin pihak Google memiliki standar untuk memasang iklan dengan memilih blog yang memiliki template yang midah dicari di mesin pencarian tujuannya karena kalau tulisan kita mudah akan sering dibuka oleh pembaca sehingga semakin sering iklan tersebut muncul syukur-syukur bisa diklik sama pembaca. Saya sarankan tampilan blog tidak perlu yang gimana tetapi saya menggunakan template SEO friendly, saya lupa namanya apa cuma saya coba searching saja di mbah google. 
  4. Ketika kita sudah dapat template SEO tersebut silahkan download berupa html txt. Kemudian buka blog, pilih menu tata letak nanti disitu ada pilihan template kita pilih html kemudian nanti andah browse hasil download template SEO tadi kemudian simpan atau save. Nanti anda buka tab baru nah tada tampilam blog anda akan berubah. 
  5. Selain beberapa hal tersebut kita juga perlu membuat contact us, General Policy, dan Disclaimer. Nah teman-teman silahkan buka google untuk memunculkn 3 hal teesebut caranya gimana. Banyak sumber yang menyediakan secara gratis tanpa harus membayar. 
  6. Jika sudah silahkan teman-teman mulai rutin membuat tulisan sambil promo kesana kesini supaya pengunjung blog kita ramai. Asalkan tidak ada indikasi membula blog kita dengan cara-cara disengaja seperti kita membuka-buka halaman blog sendiri ataupun menyuruh teman kita dengan secara sengaja. Meskipun susah dijelaskan tetapi blog akan mendeteksi itu sebagai aktivitas tidak valid yang akan menyebabkan blog kita nantinya ditangguhkan penayangan iklannya.
Selain beberapa hal tersebut kembali ke niat. Meskipun judulnya sambil menyelam minum air dari hobi bisa menjadi sumber pundi-pundi keuangan kita tapi baiknya tidak 100% seperti itu. Karena saya sendiri sempat jengkel ketika saya tidak berhasil memunculkan iklan dalam blog saya beberapa kali ditolak namun karena berubah pikiran bukan tujun utama ya sudahlah yang penting dijalani sambil berjalan mungkin nanti rewardnya sesuai dengan usaha kita. Haha tetep ngarep yah pada akhirnya.


Iyah karena menggiurkan sekali hasilnya. Sampai saat ini saya belum merasakan manisnya buah dari hasil pemikiran saya. Ketika saya cek karena masih 2 hari umur penayangan iklannya hal mustahil saya bisa dapatkan dollar. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Ibarat kita mau melamar seseorang, kita harus menunjukan usaha yang sungguh-sungguh dan harus mengajukan proposal dulu.
Gini nih kalo sudah diapproved sama GA kita akan dapat email seperti ini.



Kenapa kita layak diterima, apa pekerjaan kita, sebelum dapat persetujuan kita patut menampilkan yang terbaik untuk mendapat persetujuan darinya. Seperti halnya mengajukan permohonan penayangan iklan adsense ketika blog kita sudah dianggap layak yah baru akan diacc nantinya. Menunggu persetujuan sambil kerja keras terus.
Selamat mencoba ya teman-teman semoga bermanfaat. Amin

Comments

Popular Posts

Lembar Kerja Siswa (LKS) Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Laporan Praktikum Anatomi Hewan Reptilia (Mabouya multifasciata)

RPP Model Make - a Match