RPP Model Make - a Match
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Model Pembelajaran Make-a Match
Dosen Pengampu : Endah Rita, M.Pd.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
Mata
Pelajaran
: Biologi
Kelas/Semester : VII/1
Waktu
: 25 menit
Standar
Kompetensi
: 1. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
I.
Kompetensi
Dasar : 1.1 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
II.
Indikator Pembelajaran
Menjelaskan struktur sel dan
fungsinya
III. Tujuan Pembelajaran :
Setelah melaksanakan diskusi,
siswa mampu menjelaskan struktur sel dan fungsinya dengan benar
IV. Bahan Mengajar
Struktur sel dan fungsinya
(dilampirkan)
V.
Strategi
Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
: make-a match
2. Metode Pembelajaran
: diskusi
3. Pendekatan
Pembelajaran : konsep
VI. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
Membuka
kelas
Orientasi
1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious)
2. Mengecek presensi kehadiran siswa (Disiplin)
3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar,
baik secara fisik maupun psikis
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Guru bertanya kepada siswa,
siapakah unit terkecil yang mengendalikan tubuh kita sehingga kita dapat
bergerak, bernafas, mencerna makanan hingga melakukan metablolisme dalam tubuh
kita? apakah unit tersebut hanya berdiri sendiri, adakah bagian-bagian yang
menyusunnya? Jika iya, apa sajakah bagian-bagian tersebut?
Motivasi
1. Guru memberikan informasi, bagaimana jika di dalam sel tidak memiliki
organel? Misalnya jika sel tersebut tidak memiliki mitokondria, apakah masih
bisa dikatakan sel?
2. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
a. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berpasangan
yang berisi satu bagian kartu dengan gambar organel sel dan satu bagian kartu
yang lain berisi fungsi organel sel tersebut
b. Guru memberikan instruksi yang jelas mengenai pola diskusi yang akan
dilaksanakan
c. Guru membentuk siswa menjadi dua kelompok besar
d. Guru membagi kartu tersebut, satu kelompok mendapat bagian kartu berisi
gambar organel dan satu kelompok yang lain mendapat kartu berisi fungsi
organel. Dalam satu kelompok, kartu dibagi secara acak, dan setiap peserta
didik mendapat satu kartu
e. Setiap peserta didik memikirkan jawaban/soal
kartu yang dipegang
f. Setiap siswa diperbolehkan untuk berdiskusi
dengan siswa lain dalam satu kelompok
g. Kelompok dengan kartu organel sel menempelkan kartu yang diperoleh di papan
tulis secara bergantian hingga semua kartu tertempel di papan tulis
h. Kelompok lain yang memiliki kartu yang cocok dengan kartunya (gambar
organel sel-fungsi organel sel) menempelkan kartu yang berisis fungsi organel
sel di samping kartu yang berisi gambar organel sel hingga semua gambar organel
terisi dengan fungsi organelnya
i. Siswa yang dapat mencocokan kartunya,
mengidentifikasi sepasang kartu tersebut
j. Demikian seterusnya hingga setiap kartu
dicocokan sampai selesai
k. Siswa yang dapat mencocokan kartunya dengan benar, akan diberikan
penghargaan berupa symbol prestasi
2.
Elaborasi
a. Setelah siswa mendapatkan pasangan kartu yang
sesuai, siswa tersebut mempresentasikan pasangan kartu tersebut dengan hasil
identifikasi yang telah didiskusikan (tanggung jawab)
b. Siswa lain menanggapi hasil diskusi yang telah dipresentasikan oleh salah
satu kelompok
c. Guru memfasilitasi terjadinya kegiatan
pembelajaran dengan mempersilahkan siswa lain menanggapi hasil diskusi yang
dipresentasikan
d. Siswa lain menanggapi hasil diskusi yang dipresentasikan
e. Kegiatan a dan b dilaksanakan secara berulang
hingga semua kartu ditemukan setiap pasangan
3.
Konfirmasi
Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah didiskusikan dan
menanyakan kesulitan siswa agar tidak terjadi misskonsepsi dan mengulas
kembali semua materi yang telah disampaikan
Kegiatan
Penutup
a.
Kesimpulan
Guru bersama-sama dengan siswa mereview kembali semua materi yang telah
disampaikan
b.
Evaluasi
Guru memberikan lembar soal
kepada setiap siswa dan meminta siswa mengerjakan soal tersebut dengan batas
waktu tertentu
Penghargaan
Siswa yang dapat menjawab
pertanyaan dengan benar akan mendapatkan penghargaan berupa penghargaan symbol
prestasi
Penugasan
Guru meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan disampaikan minggu
depan mengenai sel hewan dan sel tumbuhan
VII.
Alat/Bahan/Media/Sumber
1.
Alat
Whiteboard, alat tulis
2.
Media
Gambar yang diprint mengenai organel sel
3.
Sumber
Buku Ajar (Biologi SMP Kelas VII semester I Penerbit Erlangga), LKS dan lain-lain
VIII.
Penilaian
Melakukan evaluasi terhadap
pemahaman materi yang telah dipelajari melalui: tes tertulis
- Bentuk Instrumen
Tes tertulis
Penilaian
Hasil Belajar
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Penskoran nilai
|
|
·
Menjelaskan struktur sel dan
fungsinya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Skor tiap soal 5
|
- Contoh Instrumen
Deskripsikan gambar di bawah
ini!
1.
....................................................................................
.........................................................................................
2.
....................................................................................
....................................................................................
3.
....................................................................................
.........................................................................................
........................................................
4.
....................................................................................
....................................................................................
5.
- Kunci Jawaban
1. Membran sel
Dekripsi : Membran sel atau
membran plasma merupakan bagian sel yang paling luar yang membatasi isi sel dan
sekitarnya. Membran ini tersusun dari dua lapisan yang terdiri dari fosfolipid
dan protein
(lipoprotein). Membran sel
bersifat semipermeabel atau selektif permeabel, yang berfungsi mengatur masuk
dan keluar zat dari sel.
2. Reticulum endoplasma
Dekripsi : Reticulum
endoplasma merupakan perluasan membran yang saling berhubungan membentuk
saluran pipih atau lubang seperti tabung di dalam sitoplasma. Berfungsi untuk
mensintesis protein
3. Nucleus
Deskripsi : nucleus dibagi
menjadi dua, yaitu :
1. Nukleolus (anak inti), berfungsi mensintesis berbagai macam molekul RNA
(asam ribonukleat) . ribosom penting bagi sintesis protein.
2. Nukleoplasma (cairan inti), merupakan zat yang tersusun dari protein
4. Plastid
Deskripsi : Plastida adalah
organel hanya terdapat pada sel tumbuhan. Ada tiga macam plastid, yaitu:
a. Kromoplas, yaitu plastid berwarna karena
mengandung pigmen selain klorofil
b. Leukoplas, yaitu plastid yang berwarna putih dan berfungsi untuk menyimpan
amilum (amiloplas), minyak (elaioplas), dan protein (aleuroplas)
c. Kloroplas, yaitu plastid yang mengandung
klorofil
- Penskoran
Skor tiap soal 5
Nilai= jumlah skor X 5 =
100
Kaegori
A = 80-100
B = 70-79
C = 60-69
D = 50-59
E = kurang dari 49
Mengetahui,
Kepala sekolah,
Guru Mata
Pelajaran,
Desy
Ahrya P.)
NIP.
NPM. 09320237
Comments
Post a Comment