RPP Model Make - a Match




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Model Pembelajaran Make-a Match
Dosen Pengampu : Endah Rita, M.Pd.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                   : SMP
Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/Semester                       : VII/1
Waktu                                     : 25 menit
Standar Kompetensi               : 1. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
I.       Kompetensi Dasar         : 1.1 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
II.    Indikator Pembelajaran
Menjelaskan struktur sel dan fungsinya
III. Tujuan Pembelajaran     :
Setelah melaksanakan diskusi, siswa mampu menjelaskan struktur sel dan fungsinya dengan benar
IV. Bahan Mengajar
Struktur sel dan fungsinya (dilampirkan)
V.    Strategi Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran                : make-a match
2.    Metode Pembelajaran              : diskusi
3.    Pendekatan Pembelajaran       : konsep
VI. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Membuka kelas
Orientasi
1.      Mengucapkan salam, berdo’a (Religious)
2.      Mengecek presensi kehadiran siswa (Disiplin)
3.      Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Guru bertanya kepada siswa, siapakah  unit terkecil yang mengendalikan tubuh kita sehingga kita dapat bergerak, bernafas, mencerna makanan hingga melakukan metablolisme dalam tubuh kita? apakah unit tersebut hanya berdiri sendiri, adakah bagian-bagian yang menyusunnya? Jika iya, apa sajakah bagian-bagian tersebut?
Motivasi
1.      Guru memberikan informasi, bagaimana jika di dalam sel tidak memiliki organel? Misalnya jika sel tersebut tidak memiliki mitokondria, apakah masih bisa dikatakan sel?
2.      Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menyiapkan beberapa kartu yang berpasangan yang berisi satu bagian kartu dengan gambar organel sel dan satu bagian kartu yang lain berisi fungsi organel sel tersebut
b.      Guru memberikan instruksi yang jelas mengenai pola diskusi yang akan dilaksanakan
c.       Guru membentuk siswa menjadi dua kelompok besar
d.      Guru membagi kartu tersebut, satu kelompok mendapat bagian kartu berisi gambar organel dan satu kelompok yang lain mendapat kartu berisi fungsi organel. Dalam satu kelompok, kartu dibagi secara acak, dan setiap peserta didik mendapat satu kartu
e.       Setiap peserta didik memikirkan jawaban/soal kartu yang dipegang
f.       Setiap siswa diperbolehkan untuk berdiskusi dengan siswa lain dalam satu kelompok
g.      Kelompok dengan kartu organel sel menempelkan kartu yang diperoleh di papan tulis secara bergantian hingga semua kartu tertempel di papan tulis
h.       Kelompok lain yang memiliki kartu yang cocok dengan kartunya (gambar organel sel-fungsi organel sel) menempelkan kartu yang berisis fungsi organel sel di samping kartu yang berisi gambar organel sel hingga semua gambar organel terisi dengan fungsi organelnya
i.        Siswa yang dapat mencocokan kartunya, mengidentifikasi sepasang kartu tersebut
j.        Demikian seterusnya hingga setiap kartu dicocokan sampai selesai
k.      Siswa yang dapat mencocokan kartunya dengan benar, akan  diberikan penghargaan berupa symbol prestasi
2.      Elaborasi
a.       Setelah siswa mendapatkan pasangan kartu yang sesuai, siswa tersebut mempresentasikan pasangan kartu tersebut dengan hasil identifikasi yang telah didiskusikan (tanggung jawab)
b.      Siswa lain menanggapi hasil diskusi yang telah dipresentasikan oleh salah satu kelompok
c.       Guru memfasilitasi terjadinya kegiatan pembelajaran dengan mempersilahkan siswa lain menanggapi hasil diskusi yang dipresentasikan
d.      Siswa lain menanggapi hasil diskusi yang dipresentasikan
e.       Kegiatan a dan b dilaksanakan secara berulang hingga semua kartu ditemukan setiap pasangan
3.      Konfirmasi
Guru menjelaskan kembali mengenai materi yang telah didiskusikan dan menanyakan  kesulitan siswa agar tidak terjadi misskonsepsi dan mengulas kembali semua materi yang telah disampaikan
Kegiatan Penutup
a.      Kesimpulan
Guru bersama-sama dengan siswa mereview kembali semua materi yang telah disampaikan


b.      Evaluasi
Guru memberikan lembar soal kepada setiap siswa dan meminta siswa mengerjakan soal tersebut dengan batas waktu tertentu
      Penghargaan
Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan penghargaan berupa penghargaan symbol prestasi
      Penugasan
Guru meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan disampaikan minggu depan mengenai sel hewan dan sel tumbuhan
VII.          Alat/Bahan/Media/Sumber
1.      Alat
Whiteboard, alat tulis
2.      Media
Gambar yang diprint mengenai organel sel
3.      Sumber
Buku Ajar (Biologi SMP Kelas VII semester I Penerbit Erlangga), LKS dan lain-lain
VIII.       Penilaian
Melakukan evaluasi terhadap pemahaman materi yang telah dipelajari melalui: tes tertulis

  1. Bentuk Instrumen
Tes tertulis

Penilaian Hasil Belajar

Indikator
Penilaian
Teknik
Bentuk instrumen
Penskoran nilai
·   Menjelaskan struktur sel dan fungsinya
Tes tertulis
Uraian
Skor tiap soal 5














  1. Contoh Instrumen
Deskripsikan gambar di bawah ini!



membran sel atas protein
 
1.                                                            
                                                  ....................................................................................                                                                                .........................................................................................          





reticulum1
 
2.                                                             ....................................................................................                      
                                                       ....................................................................................                                  






Nucleus
 
3.                                                             ....................................................................................                                                                                         
                                                  .........................................................................................



kloroplas........................................................
4.                                                             ....................................................................................                                                                                         
                                                              ....................................................................................


5.                                                      

  1. Kunci Jawaban
1.      Membran sel
Dekripsi : Membran sel atau membran plasma merupakan bagian sel yang paling luar yang membatasi isi sel dan sekitarnya. Membran ini tersusun dari dua lapisan yang terdiri dari fosfolipid dan protein
(lipoprotein). Membran sel bersifat semipermeabel atau selektif permeabel, yang berfungsi mengatur masuk dan keluar zat dari sel.
2.      Reticulum endoplasma
Dekripsi : Reticulum endoplasma merupakan perluasan membran yang saling berhubungan membentuk saluran pipih atau lubang seperti tabung di dalam sitoplasma. Berfungsi untuk mensintesis protein
3.      Nucleus
Deskripsi : nucleus dibagi menjadi dua, yaitu :
1.      Nukleolus (anak inti), berfungsi mensintesis berbagai macam molekul RNA (asam ribonukleat) . ribosom penting bagi sintesis protein.
2.      Nukleoplasma (cairan inti), merupakan zat yang tersusun dari protein
4.      Plastid
Deskripsi : Plastida adalah organel hanya terdapat pada sel tumbuhan. Ada tiga macam plastid, yaitu:
a.       Kromoplas, yaitu plastid berwarna karena mengandung pigmen selain klorofil
b.      Leukoplas, yaitu plastid yang berwarna putih dan berfungsi untuk menyimpan amilum (amiloplas), minyak (elaioplas), dan protein (aleuroplas)
c.       Kloroplas, yaitu plastid yang mengandung klorofil

  1. Penskoran
Skor tiap soal 5
Nilai=  jumlah skor X 5 = 100

Kaegori
A = 80-100
B = 70-79
C = 60-69
D = 50-59
E = kurang dari 49






Mengetahui,
Kepala sekolah,                                                           Guru Mata Pelajaran,

                                                                                     Desy Ahrya P.)
NIP.                                                                              NPM. 09320237


Comments

Popular Posts

Laporan Praktikum Anatomi Hewan Reptilia (Mabouya multifasciata)

Lembar Kerja Siswa (LKS) Sel Hewan dan Sel Tumbuhan