RPP Two stay two stray
Model
Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS)
Dosen
Pengampu : Muhammad Syaipul Hayat, S.Pd., M.Pd.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA N ___ Brebes
Kelas / Semester :
X / 1
Mata Pelajaran :
Biologi
Alokasi waktu :
1 X 50 menit
A.
Standar Kompetensi
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup untuk mempelajari keanekaragaman
dan peran keanekaragaman hayati bagi kehidupan
B.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
dan mengkomunikasikan ciri-ciri kingdom animalia dan peranannya bagi kehidupan
C.
Indikator
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
a.
Menjelaskan ciri dan sifat tiap kelas dalam filum Mollusca beserta
peranannya dalam kehidupan manusia
b.
Mengkomunikasikan
hasil pembelajaran untuk mengklasifikasikan makhluk hidup yang termasuk dalam
filum Mollusca yang ada di lingkungan sekitar
2.
Psikomotorik
Memanfaatkan makhluk hidup dalam filum Mollusca
berdasarkan manfaat dan perannya dalam kehidupan manusia
3.
Afektif
a. Perilaku Berkarakter : Religious,
disiplin, bertanggungjawab dan rasa ingin tahu
b. PerilakuSosial : Kerjasama, peduli social, bertanya dan santun
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat mengkomunikasikan hasil
pembelajaran untuk mengklasifikasikan makhluk hidup yang ada dalam lingkungan
sekitar
2.
Psikomotorik
Siswa dapat
memanfaatkan makhluk hidup dalam filum Mollusca berdasarkan manfaat dan
perannya dalam kehidupan manusia
3.
Afektif
1.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan karakter kritis, teliti, dan rasa ingin tahu.
2.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan kerampilan sosial, kerja sama, bertanya, kepedulian sosial, dan
santun dalam berbahasa.
E.
Materi Pembelajaran
1.
Ciri dan Sifat umum
filum Mollusca
2. Fungsi
dan peran Mollusca bagi Manusia
F.
Strategi Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran :
Two Stay Two Stray, make-a match
2. Metode Pembelajaran : ceramah, diskusi, penugasan
3. Pendekatan Pembelajaran :
Inkuiri
G.
Media dan Sumber
Belajar
1.
Alat:
LCD, white board, alat
tulis, gambar, dan tes lembar make-a match
2. Bahan:
Salah satu kompetensi
dasar dari materi pelajaran SMA
3. Sumber:
Buku ajar,
internet, dan lain-lain.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kegiatan
awal (10 menit)
|
|
|
|
|
Fase
1. Membuka Kelas
Orientasi
1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious)
2. Mengecek presensi kehadiran siswa (Disiplin)
3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan
belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Menjelaskan pola pembelajaran yang akan dilaksanakan
(disiplin)
Appersepsi
Diawal pertemuan, guru bertanya kepada
siswa, bagaimana ciri dan sifat bekicot ? kemudian siswa diminta mengeluarkan
pendapatnya, apakah jawaban siswa tersebut sesuai dengan pertanyaan yang
diajukan oleh guru?
Motivasi
Memberikan motivasi pada siswa, bahwa
dengan mengetahui ciri dan sifat filum Mollusca, kita dapat
mengklasifikasikan makhluk hidup yang
ada dalam lingkungan sekitar dan memanfaatkannya berdasarkan peranannya bagi
manusia.
|
|
|
|
|
Kegiatan
inti (30 menit)
|
|
|
|
|
Fase
2.
Penyajian Materi
Eksplorasi
1.
Guru menjelaskan ciri dan sifat umum filum Mollusca
2.
Guru membagi 3 kelompok dengan topik yang berbeda (kelas Pelecypoda,
cephalopoda, dan gastropoda) dan setiap kelompok beranggotakan 4 orang
3.
Guru memberikan lembar diskusi pada tiap kelompok dan setiap kelompok
mengembangkan materi tersebut
4.
Secara berkelompok, setiap kelompok mendiskusikan topik yang diberikan
guru, setelah itu menentukan 2 anggota
yang tinggal (stay) dan 2 anggota mencari informasi pada kelompok lain
(stray). (rasa ingin tahu)
5.
Setelah waktu yang ditentukan untuk mencari informasi dari kelompok lain
telah habis, siswa kembali pada kelompoknya masing-masing dan menjelaskan
informasi yang diperoleh kepada anggota kelompok yang lain. (tanggung jawab)
Elaborasi
6.
Salah satu kelompok menjelaskan hasil diskusi melalui presentasi
berdasarkan informasi yang diperoleh kelompoknya.
7.
Guru
memberikan lembar make-a match kemudian setiap kelompok mendiskusikannya
dengan batas waktu yang telah ditentukan.
Konfirmasi
8. Guru mengkonfirmasikan hasil diskusi dan presentasi siswa,
agar tidak terjadi miskonsepsi.
|
|
|
|
|
Kegiatan
penutup (10 menit)
Fase
3. Riview dan Evaluasi
Kesimpulan
Guru bersama-sama dengan siswa
mereview kembali materi yang telah didiskusikan.
Evaluasi
Melakukan evaluasi terhadap pemahaman
materi yang telah dipelajari melalui lembar jawab make-a match.
Fase
5: Penghargaan
Kelompok yang menjawab lembar make-a
match tercepat dengan jumlah point terbanyak akan diberi penghargaan bintang prestasi.
Fase
6 : penugasan
Siswa diberi tugas untuk mencari informasi
mengenai kelas Amphineura dan Scapopoda
|
|
|
|
|
Mengetahui
Brebes,
.......................... 2011
Kepala
sekolah Guru Mapel
Desy Ahrya P.
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment