Fakta Semut

Semut Rangrang termasuk dalam genus Oecophylla yang biasanya masuk ke dalam lorong atau lubang untuk menyimpan anak - anaknya dan makanan. Beberapa semut membuat sarang dari tanah, ranting, atau dedaunan. 
Klasifikasi semut rangrang


Kingdom         : Animalia

Phylum            : chordata

Classis             : Insecta

Ordo                : Hymenoptera

Familia            : Formicidae
Genus              : Oecophylla
Spesies            : Oecophylla smaragdina 

Semut Rangrang hidup dalam kelompok sosial. Semut hidup dalam koloni atau kelompok. Dalam satu koloni terdapat beberapa tipe. Apa saja yah tipe semut dalam koloni Ratu semut, tidak hanya pada negeri dongeng di dunia semut juga ada istilah ratu semut. Siapa sih   ratu semut itu ?
  • Ratu semut  adalah semut betina. Biasanya dalam satu koloni hanya terdapat seekor ratu semut. Namun ketika musim penghujan ratu semut banyak ditemukan. Pada mulanya ratu semut memiliki sayap seperti semut jantan, tetapi setelah kawin sayapnya akan lepas.
  • semut jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada ratu semut. Selain itu juga umurnya lebih pendek daripada ratu semut. Setelah mengawini ratu semut, semut jantan akan mati. Berdasarkan penelitian di laboratorium,
  • semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda 
  • Semut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Selain tugas-tugas tersebut, masih ada lagi yang harus dilakukan oleh prajurit. Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur seperti ratu semut.


Semut rangrang juga bermanfaat lho, Apa saja si manfaat semut rangrang ?
Populasi semut rangrang yang tinggi dapat mengurangi permasalahan hama tungau, pengorok daun dan penyakit 'greening" pada kebun jeruk. Semut rangrang diketahui juga dapat melindungi Eucalyptus dan pohon-pohon kayu lainnya. Semut ini dapat mengendalikan sebagian besar hama pada tanaman jeruk dan mete, melindungi tanaman kelapa dan coklat dari serangan kepik, sehingga meningkatkan mutu dan jumlah hasil panen. Semut rangrang juga dapat menghalangi serangan tikus.


Comments

Popular Posts

Lembar Kerja Siswa (LKS) Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Laporan Praktikum Anatomi Hewan Reptilia (Mabouya multifasciata)

RPP Model Make - a Match