RPP Group Investigation (GI)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA N _________________________
Kelas / Semester :
XI
/ 1
Mata Pelajaran :
Biologi
Alokasi waktu :
1
X 45 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkeducil
kehidupan
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
C.
Indikator
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
a.
Menjelaskan struktur
sel dan fungsinya
2.
Psikomotorik
Mengidentifikasi
struktur sel dan fungsinya
3.
Afektif
a. Perilaku Berkarakter : Religious,
disiplin, bertanggungjawab dan rasa ingin tahu
b. PerilakuSosial : Kerjasama, peduli social, bertanya dan santun
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
Produk
-
Proses
Setelah
melakukan diskusi kelompok, siswa diharapkan dapat membandingkan struktur sel dan fungsinya
2.
Psikomotorik
Siswa dapat mengidentifikasi
struktur sel dan fungsinya
3.
Afektif
1.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan karakter kritis, teliti, dan rasa ingin tahu
ketika melakukan diskusi kelompok
2.
Siswa terlibat
dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa serta menunjukan kemajuan dalam
menampilkan kerampilan sosial, kerja sama, bertanya, kepedulian sosial, dan
santun dalam berbahasa ketika melakukan
diskusi kelompok
E.
Materi Pembelajaran
1.
Struktur sel dan
bagian-bagian sel
F.
Strategi Pembelajaran
1. Model
Pembelajaran :
Group Investigation (GI) dan Number Head Together (NHT)
2. Metode Pembelajaran : diskusi, tanya jawab
3. Pendekatan Pembelajaran :
konsep
G.
Media dan Sumber
Belajar
1.
Alat:
Whiteboard, alat tulis
Bahan:
Salah satu kompetensi
dasar dari materi pelajaran SMA
2. Sumber:
Buku Biologi SMA kelas
XI penerbit Erlangga, LKS, Internet, dan lain-lain.
3.
Media
Gambar
yang diprint mengenai struktur sel dan bagian-bagian sel
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Kegiatan
awal (3
menit)
|
||||
Fase
1. Membuka Kelas
Orientasi
1. Mengucapkan salam, berdo’a (Religious)
2. Mengecek presensi/kehadiran siswa (Disiplin)
3. Mengkondisikan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan
belajar mengajar, baik secara fisik maupun psikis.
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran
Apersepsi
Diawal pertemuan, guru bertanya kepada siswa, jika dalam suatu sel tidak
memiliki mitokondria, Apakah bisa dikatakan sel? dan apakah dapat hidup? Jika iya, kenapa?
Motivasi
|
||||
Kegiatan
inti 25
menit)
|
||||
Fase
2.
Penyajian Materi
Eksplorasi
1. Guru membagi siswa
menjadi 4 kelompok heterogen dan masing-masing kelompok beranggotakan 3-5
orang, setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5
2. Guru memberikan lembar kerja pada tiap kelompok dan
setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja tersebut dan memasnagkan gambar dengan fungsi yang sesuai (rasa ingin tahu,
kerjasama)
3. Guru memberikan
bimbingan secara bergantian kepada masing-masing kelompok ketika berdiskusi
(disiplin)
Elaborasi
4. Setelah berdiskusi, salah satu
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai struktur sel dan fungsinya (tanggung jawab)
Konfirmasi
5.
Guru mengkonfirmasikan hasil diskusi dan
presentasi siswa agar tidak terjadi misskonsepsi.
|
||||
Kegiatan
penutup (17 menit)
Fase
3. Review
dan Evaluasi
Kesimpulan
Guru bersama-sama dengan siswa
mereview kembali materi yang telah didiskusikan.
Evaluasi
6. Guru mengajukan sebuah
pertanyaan kepada siswa
7. Guru memberikan
kesempatan kepada tiap kelompok untuk memikirkan jawabannya
8. Guru memanggil siswa
dengan nomor tertentu, kemudian siswa dengan nomor yang sesuai mengacungkan
tangan dan mencoba menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas (jika benar akan
mendapatkan penghargaan)
Fase
5: Penghargaan
Siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan
penghargaan dan akan menempelkan penghargaan tersebut di dalam buku prestasi
Fase
6 : penugasan
Siswa diberi tugas untuk mempelajari materi yang akan disampaikan minggu
depan mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
|
Mengetahui
Brebes, .......................... 2012
Kepala
sekolah Guru Mapel
Desy Ahtya P.
NPM.093202373
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Penskoran nilai
|
|
· Menjelaskan
struktur sel dan fungsinya
|
Tes
lisan
|
Tanya jawab
|
1, 2, 3
|
Instrumen
Penilaian
Contoh soal
1.
Apa sajakah nama organel yang terdapat
pada sel hewan
?
2.
Apakah kalian dapat amati adanya
vakuola
? Mengapa ?
3.
Apakah ada perbedaan ukuran sel hewan?
Kunci Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Organel yang terdapat pada sel
hewan: nukleus, nukleolus, vakuola (ukuran kecil), ribosom, badan golgi,
sentriol, sentrosom, retikulum endoplasma, sitoplasma, membran sel,
mitokondria
|
3
|
\2.
|
- Ada,
tetapi tidak sebesar vakuola pada tumbuhan
- Fungsi vakuola
antara lain:
a. tempat
cadangan makanan
b. menyimpan pigmen
c. menyimpan minyak
asiri
d. menyimpan sisa
metabolisme
|
1
3
|
3.
|
Ada, karena sel hewan tidak
mempunyai dinding sel sehingga sel hewan bersifat motil. Sel-sel yang aktif
melakukan gerak ukuran selnya cenderung lebih besar
|
3
|
Skor Total
|
10
|
Penskoran
Nilai = skor
yang diperoleh X 10
Comments
Post a Comment