Bijak terhadap internet dan smartphone

Selamat pagi teman-teman...
Kali ini saya mau bagi info tentang hal yang menurut saya penting. Kenapa penting?, karena ini menyangkut kemakmuran seseorang nantinya. Hehehe sedikit lebay tak apa lah.
Pendidikan sangat penting untuk bekal masa depan kita. Tidak heran bagi yang memiliki uang banyak, para orangtua berlomba-lomba untuk menyekolahkan anaknya di sekolah unggulan bahkan sampai ke luar negeri. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan dilakukan oleh orang tua teehadap sang anak. Suatu kebanggan tersendiri ketika sang anak tumbuh dan sukses meniti masa depan. Berbagai upaya patut dilakukan oleh orang tua terhadap masa depan buah hatinya. Itulah kenapa kasih sayang orang tua sepanjang hayat. Sebetulnya ada yang lebih penting lagi selain menyekolahkan anak ke luar negeri, sekolah unggulan dan mengikutsertakan anak ke bimbel maupun les privat lainnya. Menurut saya hal tersebut akan secara otomatis diikuti oleh sang anak dengan berbagai tuntutan dalam menempuh masa depan yang lebih baik.


Di Zaman secanggih ini, menurut saya anak-anak Indonesia tak kalah pintar dengan anak-anak di luar sana di negeri tetangga. Hehe agak sedikit berlebihan tapi menurut saya memang betul. Betul betul betul seperti kata Upin Ipin.

Pendidikan secara formal sudah biasa kita peroleh. Menurut saya berbagai kecanggihan tekhnologi di jaman sekarang mempermudah anak-anak untuk mencari Informasi berkaitan dengan pendidikan. Termasuk saya pengguna gadget yang memiliki intensitas lebih dibandingkan membaca buku. Apapun yang saya ingin ketahui tidak perlu saya membuka-buka buku lama untuk mencari Informasi. Biasanya saya tinggal buka mbah google browsing maupun download apa yang mau saya cari. Saya sendiri memang merasakan kemudahan yang sangat signifikan dibandingkan zaman saya sekolah dulu. Meskipun dulu juga kita sudah dikenalkan dengan yang namanya internet, namun penggunaannya tidak semudah seperti sekarang. Sekarang setiap anak muda sudah tidak asing dengan yang namanya smartphone temen-temen. 



Setuju kan dengan pendapat saya ini? Jangan salah penggunaan smartphone yang tidak pada tempatnya akan menyebabkan karakter asosial menurut pengalaman saya. Dengan berbagai kemudahan yang kita dapatkan menyebabkan hal-hal yang dulu dilakukan menjadi jarang dan langka untuk sekarang. Sedikit flashback, dulu untuk menjaga silaturahmi dengan sahabat saya rela jauh-jauh mengunjungi tempat temam saya hanya untuk sekedar menanyakan kabar. Haha itu zaman baheula banget tapi itu lah salah satu cara untuk merekatkan tali pertemanan kita. Momok yang paling kita takutkan saat ini adalah bagaimana kita mampu bersikap bijak dalam menghadapi penggunaan gadget yang sangat populer melebihi televisi. Hahaha ya betul sekali di zaman dahulu, memiliki televisi itu luar biasa rasanya. Karena salah satu hiburan pada zamannya untuk mengikuti perkembangan yang biasa kita tonton melalui acara televisi. Tahu gak sih, ternyata sekarang kita bisa dengan mudah menonton acara yang biasa kita saksikan hanya dengan membuka satu aplikasi di dalam smartphone kita. Iya betul, youtube adalah salah satu aplikasi yang paling ramai digunakan oleh masyarakat kita. Sekali buka semua tontonan bisa kita dapatkan. Memang betul banyak manfaat yang akan kita peroleh, tapi jangan salah dibalik emudahan ada dampak yang begitu besar yang tidak kita sadari secara langsung. Kenapa begitu, ya tentu saja pendidikan di Indonesia tidak luput dari perkembangan Internet. Karena selain besar manfaat yang kita peroleh, hal tersebut juga akan mempengaruhi karakter anak-anak Indonesia nantinya. Untul itu lebih baik kita berlaku bijak dalam penggunaan internet. Ada kalanya sikap kemandirian perlu diterapkan untuk memperoleh apa yang maua atau akan kita cari. Sesekali pembelajaran konvensional seperti melibatkan alam maupun media sekitar perlu diterapkan bergantung materi pembelajaran. 

Untuk itu tidak hanya pihak sekolah, orangtua juga wajib untuk mengingatkan bahkan turun tangan sesekai agar sang anak tidak hanya terfokus pada apa yang sekarang ada di depan mata. Ya tentu saja yang ada di depan mata adalah gadget yang sehari-hari digunakan tanpa henti.
Kenapa saya bilang begitu, karena saya merasakan sendiri. Dengan kemudahan yang didapat, kadang kita perlu membatasi diri kita mana mana saja yang tidak perlu atau bahkan jangan sesekali dicoba. Membatasi diri salah satu cara untuk membentengi diri kita untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Adakalanya keluarga adalah salah satu kunci yang akan membentuk karakter anak-anak Indonesia sebelum lingkungan bermain dan sekolah. Pendidikan keluarga sangat mempengaruhi pembentukan karakter sang anak. Kasih sayang orngtua dan perhatian melalui bentuk verbal maupun tindakan akan lebih berkesan pada anak terutama anak-anak usia remaja. Terkadang para orangtua melarang anaknya untuk merokok tapi dirinya sendiri merokok, saya yakin anak akan patuh ketika di rumah tetapi di luar rumah anak-anak akan lupa dengan apa yang orangtua katakan. Baginya ucapan yang tidak sesuai dengan apa yang diucapkan hanyalah omong kosong. Fenomena-fenomena tersebut sudah tidak asing lagi. Maka perlu diperhatikan juga meskipun beberapa hal tersebut dianggap sepele tapi itu awal mula memori yang akan merekam bagaimana nantinya si anak akan terbentuk karakternya. Selain penggunaan smartphone secara bijak, penting juga kita mengencangkan sabuk yang lain seperti memprioritaskan perhatian orangtua terhadap anak tidak hanya berupa kebutuhan secara mental tetapi juga kebutuhan secara psikologis sang anak. Maka jangan sungkan untuk mencurahkan kasih sayang orangtua terhadap anak meskipun itu sepele ataupun kecil kelihatannya tapi bagaimana kita mampu meluluhkan hati sang anak sehingga itu akan membekas hingga dewasa kelak. Kenapa menurut saya penting karena menurut pendapat para ahli psikolog tidak hanya kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan secara terus menerus tetapi momentum atau event atau kejadian-kejadian yang berkesan akan diserap otak dan masuk ke dalam memori baik memori jangka panjang maupun memori jangka pendek.
Demikian informasi yang bisa sya bagikan, semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan semoga bisa bermanfaat juga untuk para pembaca.amin

Comments

Popular Posts

Lembar Kerja Siswa (LKS) Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Laporan Praktikum Anatomi Hewan Reptilia (Mabouya multifasciata)

RPP Model Make - a Match