Makanan yang dibutuhkan Tubuh

Kesehatan merupakan Anugerah yang berharga daru Tuhan Yang Maha Esa, maka tidak heran ada istilah sehat itu mahal. Banyak orang yang sudah terlanjur sakit sehingga ingin sehat kembali dengan menghabiskan biaya banyak untuk menyembuhkan penyakitnya itu. Ketika kita diberikan anugerah sehat dari Yang Kuasa, maka kita patut mensyukurinya dan menjaganya dengan mensuplai kebutuhan tubuh yang diperlukan. Terutama makanan yang bergizi dan halal bagi umat muslim. 
Apa saja yang dibutuhkan tubuh kita?
1. Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral merupakan makanan pelindung dan menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin membantu tubuhagar dapat bekerja secara sempurna, sedangkan mineral diperlukan untuk membentuk tulang, gigi, dan darah. Contoh makanan yang mengandung vitamin dan mineral antara lain daging, ayam, telur, hati, susu, buah, dan sayur. 
2. Protein 
Protein merupakan makanan yang dapat membentuk jaringan tubuh supaya menjadi kuat. Protein terdiri dari dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang bersumber dari hewan seperti daging, susu, telur. Sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuhan seperti kedelai, kacang, dan lain sebagainya.
3. Karbohidrat
Karbohidrat adalah makanan pemberi energi terdapat pada tepung dan gula. Karbohidrat yang terdapat pada tepung seperti beras, jagung, ketela, dan lain-lain. Terdapat pada zat gula seperti buah, madu, susu, pisang.
4. Lemak dan minyak
Lemak dan minyak sebagai cadangan makanan. Makanan yang banyak mengandung lemak seperti minyak goreng, lemak sapi, mentega, dan lain-lain. 
Nah, jika sudah tahu makanan yang perlu dikonsumsi oleh tubuh, maka kita harus menjaga Asupan pola makan yang kita perlukan dengan diimbangi olahraga yang teratur.

Comments

Popular Posts

Lembar Kerja Siswa (LKS) Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Laporan Praktikum Anatomi Hewan Reptilia (Mabouya multifasciata)

RPP Model Make - a Match